Istilah-Istilah Teknologi Informasi 'i'

Minggu, 12 September 2010


1. Intranet
Penggunaan teknologi internet pada jaringan internal (setempat) untuk mendistribusikan informasi. 



2. ISO/ International Piawaiands Organization
Sebenarnya kependekan dari Organization for Piawaiandization yaitu organisasi yang membangun atau pembuat piawai untuk komunikasi data nasional dan internasional. 




3. IDE/ Integrated Devide Elektronic
Suatu jenis interface disk yang menempatkan elektronik pengendaliannya di dalam drive itu sendiri. 



4. Imaging
Proses yang terlibat dalam penangkapan, penyimpanan, penampilan dan pencetakan gambar atau dokumen secara grafik atau dapat juga dikatakan jenis image yang seringkali dipakai pada Web pages karena kemampuannya merender warna latar belakang sebagai transparan. 


5. Ink-jet Printer
Printer semburan/nonketuk yang menyempurnakan titisan dakwat kecil pada kertas. 


6. Impact Printer
Jenis printer yang membentuk tanda pada kertas dengan mekanisme yang menyentuh kertas atau menekan pita bertinta pada kertas. 


7. ISP: Internet Service Provider

adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet. Peran ISP adalah menghubungkan kita dengan jaringan internet internasional. Jenis layanan yang disediakan oleh setiap ISP kepada setiap pelanggan berbeda-beda.

8. IP

IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.


9. Install
Install artinya pasang. Istilah ini digunakan untuk memasang sebuah software atau perangkat lunak system operasi

10. Internet
internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

11. ISA
ISA - Industry Standard Architecture. Adalah slot ekspansi 8 bit dan 16 bit yang digunakan pada komputer XT dan AT.

12. IC
IC - Integrated Circuit atau chip. Sebuah rangkaian mikroelektronik berupa semikonduktor yang terdiri dari sejumlah besar transistor dan komponen-komponen lainnya. IC dikemas dalam sepotong bidang persegi empat (disebut sebagai "die") dari silikon. IC dapat digolongkan menjadi IC analog, digital maupun hybrid (campuran).

13. Interface
Interface - Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

14. Infrared
Infrared adalah suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan interkoneksi data tanpa menggunakan media kabel.

15. ImageShack
ImageShack adalah layanan media hosting yang gampang digunakan. kita bisa mengupload sebuah gambar, flash, dan movie. Dan setelah itu kita bisa berbagi media dengan teman-teman
File tersimpan cukup lama. tidak di delete, kecuali 1 tahun tidak pernah dilihat 1 orang pun
 Bukalah windows baru, dan isi alamat www.imageshack.us (dot .us, bukan dot .com).
~ Pilih tipe image pada radio button
~ Pilih Browse buat select file yang ingin di upload.
~ Klik Host It
~ Tunggu sampai proses selesai



16. iWork
iWork adalah sebuah paket piranti lunak buatan Apple Computer yang memiliki fungsi yang mirip dengan Microsoft Office. Paket ini terdiri dari dua piranti lunak: Pages untuk membuat dokumen surat dan sejenisnya; dan Keynote untuk membuat presentasi

17. IRC
Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan.


18. IIX
IIX (Indonesia Internet Exchange) adalah jaringan infrastruktur (layer 2 dan layer 3 ) yang dikelola oleh APJII dan menjadi fasilitas peering untuk internet traffic Penyelenggara Jasa Internet (PJI) di Indonesia.

19. IIS
IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

20. IGN
 IGN  (Linux IGOS Nusantara) adalah distro Linux yang diinisiasi pemerintah RI melalui
Kementerian Negara Riset dan Teknologi (www.ristek.go.id). Pengembang Linux IGOS
Nusantara pertama kali adalah Pusat Penelitian Informatika LIPI di Bandung
(www.informatika.lipi.go.id). Linux IGOS Nusantara terus dikembangkan Puslit
Informatika LIPI bersama berbagai kalangan komunitas Linux di Indonesia.

21. IXL
IXL adalah website menarik untuk belajar seperti misalnya matematika untuk anak-anak. Disana terdapat berbagai modul pembelajaran yang dapat dipergunakan secara gratis. Anak anda hanya perlu memilih materi apa yang ingin dipelajarinya secara online.

22. IBM
International Business Machines Corporation (disingkat IBM; NYSE: IBM) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 15 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

23. Icon
Icon adalah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program komputer ataupun berkas komputer dalam manajer berkas sebuah sistem operasi. Ikon sering ditempatkan di sebuah toolbar yang bisa dijalankan fungsinya oleh pengguna dalam program itu dengan mengklik ikon itu.

24. ICQ
ICQ adalah perangkat lunak pengirim pesan instan yang dapat secara realtime mengirim dan menerima pesan yang dimiliki oleh AOL, suatu anak perusahaan Time Warner. ICQ awalnya dikembangkan oleh perusahaan Israel Mirabilis dan versi pertama program ini dirilis pada November 1996. Nama ICQ merupakan permainan kata (oronim) dari frase dalam bahasa Inggris "I seek you". Program ini mengizinkan para penggunanya untuk mencari pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan ICQ, dan akan memberitahukan kepada pengguna tersebut mana kala temannya terkoneksi ke jaringan ICQ.

25. IDM
Internet Download Manager atau banyak orang menyebut nya dengan nama IDM , adalah perangkat lunak yang mampu mengambil / mengunduh data-data yang ada di internet . Perangkat buatan New York, Amerika ini menempati posisi teratas dalam memaksimalkan kecepatan mengunduh data. Tampilan dan grafis yang sederhana membuat IDM lebih bersahabat dengan penggunanya.
IDM didukung dengan fitur resume, yaitu untuk kepentingan mengunduh ulang berkas-berkas yang sebelumnya terputus karena kehilangan koneksi internet, masalah jaringan, komputer shutdowns, atau listrik padam secara tak terduga. IDM juga memiliki fitur unduh yang cepat dengan kemampuan melakukan segmentasi berkas secara otomatis dan didukung dengan teknologi yang aman.


0 komentar:

Posting Komentar